Tips Menghemat Kuota Internet

Posted on

Tips Menghemat Kuota Internet – Sejalan dengan semakin maraknya penggunaan ponsel, kebutuhan kuota internet juga semakin tinggi.

Namun perlu kita perhatikan, jangan sampai kebutuhan tersebut justru membuat kita boros.

Kini berbagai provider menawarkan pilihan antara paket internet unlimited atau berdasarkan kuota. Keduanya memiliki batas penggunaan yang wajar.

Bedanya hanya di paket unlimited, pengguna tetap bisa mengakses internet meski kecepatannya sangat lambat. Sedangkan pada paket kuota internet tidak dapat diakses.

Artinya, paket apa pun yang kalian gunakan, kalian tetap harus menabung agar koneksi ke internet tetap lancar dan tidak menguras dompet kalian.

Alternatif terpenting dalam hal ini tentu saja menghubungkan ponsel ke WiFi kapan pun kalian berada di tempat yang menyediakan WiFi gratis.

Tips Menghemat Kuota Internet di Rumah

Tips Menghemat Kuota Internet

Selain WiFi, berikut tips yang dirangkum oleh kami agar konsumsi data ponsel Kalian tidak boros.

1. Mematikan Koneksi Internet Saat Tidak Digunakan

Cara menghemat kuota internet di rumah yang pertama adalah dengan mematikan koneksi saat tidak digunakan. Koneksi internet di smartphone memang akan terus berjalan tanpa kalian sadari.

Jadi walaupun tidak menggunakan smartphone sama sekali, jika koneksi internet tetap menyala maka akan terjadi pengurasan kuota berdasarkan aplikasi di dalamnya.

Ada berbagai aplikasi yang terus menyedot kuota meski tidak digunakan. Contohnya seperti email. Untuk itu sebaiknya matikan koneksi internet jika sedang tidak digunakan.

2. Matikan Fitur Unduh Otomatis

Ada beberapa aplikasi yang bisa menjalankan fitur auto download seperti email atau foto dan video dari beberapa chat messenger.

Jika ingin menghemat kuota, sebaiknya matikan fitur tersebut. Memang, kalian akan lebih sering membuka aplikasi untuk melakukan refresh untuk mendapatkan berita terbaru.

Tapi setidaknya kalian sudah mematikan fitur tersebut. Jadi pengaturan penggunaan kuota internet ada di tangan kalian.

3. Jangan Nyalakan Lokasi Berkelanjutan

Banyak orang secara tidak sadar terus mengaktifkan fitur Lokasi di smartphone mereka. Biasanya ini terjadi karena mereka baru saja membuka aplikasi yang harus mengaktifkan Lokasi.

Saat tidak digunakan, bahkan lupa mematikan fitur tersebut.

Kesadaran untuk mematikan fitur ini tidak selalu bisa muncul. Terkadang masih lupa mematikannya juga.

Oleh karena itu kalian harus menyematkannya dalam aktivitas sehari-hari saat membuka smartphone untuk melihat apakah fitur Lokasi sudah dimatikan atau belum.

4. Hindari Streaming Video

Kalian juga harus menghindari aktivitas video streaming jika memang ingin menghemat kuota internet. Cara ini telah terbukti menjadi cara paling efektif untuk menghemat uang sepanjang waktu.

Jika memang terlihat masih ada kuota yang cukup untuk mengunduh video, lebih baik pilih cara itu daripada streaming.

5. Menggunakan Wifi

Cara terakhir untuk menghemat kuota internet di rumah adalah dengan menggunakan Wifi.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kalian harus memiliki internet dengan router Wifi di rumah. Biasanya internet terhitung unlimited sehingga kalian bisa leluasa berselancar di dunia maya.

Untuk menghemat kuota internet smartphone, sebaiknya manfaatkan penggunaan Wifi secara terus menerus.

Dengan begitu, kuota internet kalian dijamin tetap terjaga sepanjang waktu. kalian tidak perlu lagi bingung jika tiba-tiba harus menggunakan kuota internet dalam keadaan darurat.

6. Batasi Penggunaan Data

Cara lain untuk menghemat kuota adalah dengan membatasi penggunaan data. Pembatasan ini bisa kalian lakukan agar lebih menghemat kuota.

Cara membatasinya bisa dengan masuk ke pengaturan sistem masing-masing aplikasi yang memang terkoneksi internet dan bisa menyedot kuota.

Lalu buka Pengaturan > Cadangkan & Sinkronkan. Di sana kalian dapat melihat informasi tentang pengaturan, penggunaan data, dan lainnya.

7. Atur Jadwal Aplikasi Pembaruan Otomatis

Jika kalian menggunakan Auto update Apps di Play Store atau App Store, maka jangan heran jika kuota datanya cepat habis.

Kalian bisa mengatur jadwal pengaturan aplikasi auto update di bagian Setting atau Pengaturan agar dapat menghemat penggunaan kuota dengan lebih baik.

8. Kompresi Data di Browser

Beberapa browser memiliki fitur bawaan yang secara otomatis mengompresi data. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering berselancar di internet menggunakan ponsel.

Browser yang memiliki fitur ini antara lain Chrome dan Opera Mini. Keduanya menggunakan server sendiri untuk mengompres data di situs yang dikunjungi pengguna, lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang diperkecil.

Aktifkan fitur kompresi data pada browser yang kalian gunakan untuk menghemat kuota internet.

Baca juga:

Kesimpulan

Nah, itu dia 8 tips untuk cara menghemat kuota internet agar tidak boros. Kalian bisa ikuti tips di atas agar dapat menekan pengeluaran bulanan kalian. Semoga informasi ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman kalian.